Cara Santun Mencari Backlink yang Berkualitas | Trik SEO - BLOG MUST TEGUH

Cara Santun Mencari Backlink yang Berkualitas | Trik SEO

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 10:49 PM
4 comments
Cara santun mencari backlink yang berkualitas. Perlu digarisbawahi, disini saya mengulas tentang backlink yang ‘halal’ bukan backlink yang tidak wajar. Karena untuk berburu backlink memang butuh kesabaran dan keuletan.

Backlink ibarat simbol yang menunjukkan gengsi suatu blog. Kehadirannya seperti mata uang yang wajib dikumpulkan untuk mendapat ‘pengakuan’ tentang eksistensi kita di mesin pencari.

Semakin banyak backlink, makin ‘bergengsi’ blog atau situs dimata Google. Oleh karena itu, Anda harus pandai dan kreatif dalam mencari backlink gratis yang berkualitas.

Mesin pencari seperti Google, Yahoo atau Bing memberi perlakuan istimewa terhadap situs yang punya peringkat tinggi. Dengan modal backlink yang mumpuni tentunya akan memudahkan sebuah website untuk  menempati singgasana paling depan di beranda mereka.

Apa yang membuat mereka begitu istimewa? Ya..mereka punya banyak backlink berkualitas.

Cara Santun Mencari Backlink yang Berkualitas | Trik SEO

Apa itu Backlink?


Bila diartikan secara utuh, backlink berarti hubungan timbal balik antara dua tautan alamat web dari dua situs atau website. Backlink mempunyai andil yang sangat krusial untuk perkembangan sebuah situs.

Para blogger kadang kurang mempedulikan masalah backlink. Hanya artikel yang terus diupdate dan ditimbun. Aktivitas blogging menjadi pincang.

Blogwalking adalah media paling mudah untuk mencari backlink gratis tapi berkualitas. Ini trmasukcara paling natural dan sangat dianjurkan. Karena pada dasarnya Google sangat suka dengan backlink yang murni apalagi bersumber dari situs yang 'dihormati', seprti jenis situs berikut ini.
  • Backlink dari situs atau blog .edu dan .gov
  • Backlink dari situs atau blog dofollow
  • Backlink dari Sosial Bookmark
  • Backlink dari situs atau blog ber Pagerank tinggi
  • Backlink dari Web Directory

Tips Mencari Backlink dengan Cara Santun


Trik ini saya fokuskan pada poin yang ke-empat pada sumber backlink di atas, yaitu blog ber-pagerank tinggi. Silahkan di simak baik baik.
  1. Gunakan browser mozila, lalu install plugin Link Checker dan SEO Quake, restart browser Anda agar plugin bisa mulai bekerja.
  2. Pada penelusuran, ketikkan keyword dari salah satu artikel Anda.
  3. Dari hasil penelusuran, pilih 5 blog yang punya pagerank tinggi. Caranya, lihat pada bar SEO Quake di bawah tiap-tiap situs yang muncul di hasil penelusuran Google. Pilih dari peringkat Alexa nya saja, itu sudah cukup mewakili.
  4. Setelah itu, buka tiap situs tersebut, dan cari link hidup pada artikel mereka yang relevan dengan artikel Anda.
  5. Buat anchor teks yang mengarah pada situs target kita. Ingat, kalimat anchor teks harus relevan dengan link hidup yang ada pada artikel situs target Anda. Setelah itu update artikel Anda.
  6. Berikan komentar pada tiap situs yang Anda targetkan. Usahakan komentar yang menarik, unik dan bisa memancing pemilik situs untuk datang ke blog Anda. Kalau perlu undang mereka secara baik-baik untuk berkunjung ke blog Anda. 
  7. Masih pada kotak komentar, Beritahukan bahwa link mereka ada pada salah satu artikel Anda.
  8. Tunggulah sampai muncul komentar balik dari target Anda. Itulah moment yang tepat untuk membalas komentar berisi kata-kata pancingan agar target mau menautkan link nya pada artikel kita. Jika menurut merka konten di blog Anda menarik dan relevan, kemungkinan mereka akan memberi backlink nya untuk Anda.

Cara ini bisa diterapkan pada judul artikel Anda yang lain.

Berhasil tidaknya trik ini tergantung karakter target Anda. Tapi percayalah, niat baik biasanya menghasilkan respon yang baik pula. Dan yang terpenting, proses perburuan backlink Anda lakukan dengan santun dan terhormat.


Semoga bisa bermanfaat. Akhir kata, “SAY NO TO COPY PASTE”. Terima kasih dan Wassalam.

____________________________________ ARTIKEL TERKAIT ____________________________________

4 komentar:

  1. Tipsnya sangat membantu gan,,,, Backling yang disajikan di situs-situs dengan cuma2 terkadang membuat blog kita semakin anjlok

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah sebabnya kita kudu pinter2 milih target backlink kita,..backlink ga perlu banyak, yg penting berbobot,..

      makasih mba Kaila udh kasi opini,..salam blogger

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah saya kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam