Cara Mendaftar dan Mendapatkan Kode Verifikasi Google Webmaster Tools

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 10:04 PM
Leave a Comment
Cara mendaftar dan mendapatkan kode verifikasi dari google webmaster tools. Sebenarnya ini bukanlah sebuah trik namun lebih tepatnya adalah prosedur. Cara mendaftar dan mendapatkan kode verifikasi dari Google webmaster tool sangatlah mudah.

Setelah blog selesai dibuat, tahap selanjutnya Anda harus mendaftarkannya ke Google webmaster tool. Apa sih tujuannya? Kenapa harus didaftarkan?

Blog terdaftar di google webmaster tool tujuan utamanya yaitu untuk memudahkan proses indeksasi pada setiap jengkal konten pada blog Anda.

Alasan kenapa harus didaftarkan, tentunya untuk mendapat kode verifikasi sebagai bukti kepemilikan blog saat proses indeks Google terjadi.

Kode verifikasi ini bisa diumpamakan sebagai tanda pengenal Anda di database Google. Jika proses verifikasi tidak terpenuhi, jangan salahkan Google kalau nantinya blog Anda dianggap tidak ada. Kasihan kan?

Cara Mendaftar dan Mendapatkan Kode Verifikasi Google Webmaster Tools

Webmaster (search console) merupakan fasilitas Google bagi para pengguna situs atau website dalam ruang lingkup mesin pencari. Terdapat beberapa fitur untuk memudahkan para pemilik blog memonitor perkembangan serta masalah-masalah yang terjadi pada blog.

Terdapat 4 fitur utama dari tool ini yaitu:
  1. Tampilan Penelusuran
  2. Lalu Lintas Penelusuran
  3. Google Indeks
  4. Perayapan

Namun saya tidak akan mengupas lebih jauh tentang google webmaster tool, pada artikel berikutnya insya Alloh akan saya jabarkan lebih mendalam lagi.

Cara Mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools


1. Langkah pertama, masuk ke halaman http://www.google.com/webmasters/

Pada beranda halaman, klik kotak berwarna biru yang bertuliskan "Masuklah ke Layanan Alat Webmaster" atau “sign in to webmasters tool”, silahkan masuk dengan akun gmail Anda lalu klik sign in / masuk.

2. Setelah sobat masuk ke halaman utama google webmaster tool, klik kotak merah bertuliskan “add site” atau “tambahkan situs” akan muncul pop up atau dialog isian berwarna putih, masukkan url blog dan klik "continue" atau "Terus".

3. Anda akan dibawa masuk ke halaman webmaster tool, dimana terdapat lima jenis metode untuk memverifikasi situs atau blog.

4. Sampai langkah ini, blog sudah terdaftar di Google Webmaster Tool, hanya butuh satu tahap lagi yaitu mendapatkan kode verifikasi untuk di pasang di blog kita.


Cara Mendapat dan Memasang Kode Verifikasi pada Blog


1. Masuk ke halaman google webmaster tool, di sebelah kanan nama blog sobat terdapat kotak bertuliskan kelola situs lalu klik tombol tersebut, dan pilih “tambah atau hapus pengguna”.

2. Setelah itu arahkan mouse ke kotak bertuliskan pemilik/owner, saat muncul kotak kuning, klik “halaman verifikasi pemilik” atau “owner verification page”.

3. Anda akan masuk ke halaman verifikasi. Pada bagian bawah sobat klik tulisan “verifikasi menggunakan metode yang berbeda” atau “verify using different method

4. Terdapat 5 metode verifikasi pada halaman berikutnya. Pilih Tag HTML. (jangan tutup halaman, dan tombol verifikasi jangan di klik dulu)

5. Kemudian pada bagian metode tag html yang kita pilih akan muncul gambar yang berisi meta nama google site verification. Salin meta name tersebut lalu pasang pada template blog. Caranya, pada dasbor blog pilih template, Edit HTML cari kode <head> dan letakkan meta name tersebut tepat di bawah kode <head>.

6. Setelah meta name google site verification sudah terpasang di blog anda, kembali ke halaman metode tag html di google webmaster tool, lalu sobat bisa klik kotak merah bertuliskan "verifikasi "atau "verify".

7. Jika verifikasi berhasil akan muncul pemberitahuan "Selamat, Anda berhasil mem-verifikasi kepemilikan http:// dst" lalu klik Lanjutkan.

Kita juga bisa menambahkan satu atau dua metode verifikasi lainnya untuk lebih memperkuat kepemilikan blog.

Sampai tahap ini berarti blog sobat sudah ter-verifikasi di webmaster tool dari Google. Hal ini berarti blog sudah terindeks di mesin pencari.

Untuk selanjutnya submit selalu artikel yang sudah kita buat ke webmaster tool ini, agar semua artikel kita masuk dalam penelusuran Google.

Demikian informasi tentang cara mendaftar dan mendapatkan kode verifikasi google webmaster tool yang bisa saya bagikan kepada sobat semua, semoga bisa bermanfaat.

Jangan lupa selalu “Say No to Copy Paste”. Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam