Artikel Copy Paste - Maha Karya Blogger Pemalas - BLOG MUST TEGUH

Artikel Copy Paste - Maha Karya Blogger Pemalas

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 8:29 PM
8 comments
Artikel copy paste atau biasa disingkat copas, merupakan  maha karya dari seorang blogger pemalas. Aktivitas copy paste sama dengan pembajakan hasil karya orang lain untuk kepentingan pribadi. Kita sebut saja pelakunya ‘copaster’.

Baik di dunia nyata atau dunia maya, tindakan pembajakan dinilai sangat merugikan dan merusak. Bisa kita saksikan sekarang, jatuhnya industri musik di Indonesia yang kian terpuruk akibat ulah dari para pembajak.

Apakah Kamu Seorang Copaser?


Aksi copy paste seperti virus. Tidak terdeteksi namun wujudnya ada. Sangat mustahil untuk menelusuri siapa pencetus awal dan penyebar virus ini. Meskipun di dunia maya, aksi copas tidak membawa kerugian materi, namun sangat menyebalkan.

Dampaknya sangat terasa jika kita sendiri yang menjadi korbannya. Percaya atau tidak, virus copas membuat pelakunya ketagihan. Jika dari awal kita membangun sebuah blog atau website dari hasil menjiplak, selanjutnya kita akan susah untuk membuat artikel yang original.

Namun sayangnya di dunia internet, tindakan para copaster seperti mendapat angin segar. Buktinya banyak sekali blog-blog baru yang bermunculan dengan mengusung artikel yang isinya hampir 100% adalah hasil copas atau menjiplak dari tulisan blogger lain.

Dan yang lebih parah, artikel mereka bisa tembus pageone Google. Kita kadang sampai dibuat bingung dan susah untuk membedakan mana yang asli dan mana yang hasil ngopas.


Artikel Copy Paste

4 Jenis Blogger Copy Paste


Saya sering melakukan pengamatan dengan ‘searching’ lewat Google, Bing serta Yahoo. Banyak ilmu dan manfaat yang saya peroleh dengan berselancar menjelajahi banyaknya situs atau website yang saya temui.

Sebagai hasil sampingan nya , tidak sedikit artikel copas yang saya jumpai. Hal ini menarik saya untuk mengkategorikan para copaster berdasarkan artikel yang telah mereka terbitkan. Dan berikut ini hasilnya.

Copaster Tulen

Merupakan seorang blogger yang hanya memindahkan artikel orang lain untuk diterbitkan di blog pribadinya. Mulai dari judul, titik, dan koma dibuat sama persis dengan aslinya. Mungkin hanya design blognya saja yang berbeda. Jika Anda termasuk copaster jenis ini, bisa saya pastikan Anda termasuk orang yang malas dan tidak kreatif. Maaf jika saya mengasumsikan seperti itu.

Copaster Blasteran

Yaitu blogger yang memberikan sedikit perubahan pada artikel yang ditirunya. Biasanya copaster jenis ini memberikan sedikit sentuhan pada paragraf pertama dan terakhir, tanpa merubah kerangka utamanya.

Copaster Gado-gado

Termasuk penjiplak yang sedikit kreatif. Aksi plagiatnya dibuat dengan menggabungkan beberapa paragraf dari 3 sampai 5 artikel dari sumber yang berbeda menjadi sebuah artikel pribadi yang original. Ide kreatif nya terletak pada caranya mengkombinasikan kalimat-kalimat penting dari beberapa sumber tersebut.

Copaster Teladan

Merupakan blogger yang meluncurkan tulisan hasil copy paste dengan mencantumkan sumber link nya. Jujur saya sedikit salut dengan tipe copaster ini.

Dia sadar betul bahwa artikel yang dia buat bukan hasil dari pemikirannya. Dengan tetap menampilkan nama dan alamat website aslinya, saya anggap itu sebuah bentuk perhargaan terhadap hasil karya orang lain. Hal ini tentunya membuat bangga si penulis artikel, karena merupakan wujud apresiasi dari orang terhadap tulisan mereka.

Penting : Dengan optimasi dan teknik SEO yang baik, artikel dari para copaster ini juga mampu untuk tembus di halaman pertama Google.

Itulah beberapa jenis penjiplak artikel dari hasil pengamatan saya. Jika Anda hobi copas, masuk kriteria yang mana 'hasil kreasi' Anda?

Nasib Blogger Copas


Saya pernah jalan-jalan ke blognya Mas Sugeng dan kebetulan melihat salah satu judul artikel di dalamnya yang berbunyi. " Heboh! Blog Terselubung dihapus".

Sudah banyak yang tahu, Blog Terselubung termasuk blog yang memiliki peringkat tinggi di SERP dan bisa dibilang fenomenal. Lalu kenapa bisa di hapus oleh Google?

Di artikel Mas Sugeng di sebutkan bahwa blog tersebut termasuk target dari kebijakan Google dalam membasmi spam. Seperti kita tahu konten dari blog tersebut banyak berisi artikel hasil copy paste yang melanggar hak cipta. Nah, apakah Anda ingin menjadi korban berikutnya?

Penutup


Terlepas dari kriteria yang saya uraikan di atas, aktivitas copy paste tak perlu terjadi jika kita menguasai betul materi dari topik yang akan kita jadikan sebuah artikel.

Ironisnya, banyak blogger yang bangga jika artikel copy paste mereka muncul di halaman pertama. Tapi saat ada pengunjung blog yang minta saran atau solusi yang berkaitan dengan topik artikelnya, mereka malah tidak berkutik.

Apakah masih berniat untuk menjadi seorang blogger copas? Keputusan ada di tangan Anda.

Ingat bro, blogger yang hebat mampu membuat sesuatu yang luar biasa. Copy paste bukanlah sesuatu yang luar biasa.

Demikian unek-unek saya tentang artikel copy paste. Semoga bisa bermanfaat. Tak bosan saya ingatkan “SAY NO TO COPY PASTE”. Terima kasih dan Wassalam.

____________________________________ ARTIKEL TERKAIT ____________________________________

8 komentar:

  1. alhamdulillah... walaupun saya blogger tellat-an membaca artikel yang sangat bermanfaat... saya tipe blogger teladan hehehe :)

    BalasHapus
  2. mending kang..dari pada 'telad-e-dan' hayo?.. matur nuwun kang

    BalasHapus
  3. sya rasa copas maupun enggak tetap artikel yang ada sekarang ini adalah hasil tiruan ... nah wong yang berbau formal aja masih banyak yang copas dengan sedikit editing. tuh skripsi. tuh tesis. tuh disertasi. nah kalo untuk taraf profesor sya baru bisa menyebut tulisan atau karya yang dia buat adalah original dan sudah menempuh langkah penelitian sebelumnya.

    dan tulisan ini pun sya rasa hasil tiruan. :D ehehe

    yang penting dalam menulis itu mempunyai etika. tidak copas tanpa edit seperti no. 1

    klo no. berikutnya sya rasa tidak etis klo di sebut kopas. karena mereka melakukan editing :D
    #CMIIW aja deh

    BalasHapus
  4. saya hargai pendapat mas haidar..kita pahami dulu arti copas yaitu salin dan tempel...kalo saya tunjukin hasil pengamatan saya.ada 100 blog yang terbukti memiliki artikel yg sama 100%, ada yg hanya 50 % dan ada yg 30 %, untuk itu di artikel ini saya kelompokan jenisnya..kalo menurut mas haidar artikel saya ini tiruan silahkan boleh searching di google kalo ada yg menyamai artikel saya ini...dan boleh di cek di copyscape..100% lolos tanpa ada duplikatnya...terima kas mas haidir atas kunjungannya...sukses selalu blognya..

    BalasHapus
  5. saya juga pernah beberapa kali bereferensi dari beberapa tulisan mengenai seo, lalu saya tulis kembali dengan ide dan pemikiran saya mengenai seo dari beberapa tulisan tersebut. artinya saya mengemontari dalam bentuk tulisan dan mengutarakan pandangan menurut pemikiran saya. namun setelah tulisan jadi saya tetap mencantumkan sumber referensi tulisan tersebut.

    saya kurang tau ini termasuk dalam blogger apa, namun yang jelas dalam menulis kita juga perlu data referensi untuk mengupas lebih dalam mengenai tulisan kita agar jangan menyesatkan. tapi intinya saya setuju dengan apa yang anda tulis dan semoga ini dapat menjadi bahan renungan kita dalam blogging dan menjalin persahabatan. salam sahabat blogger dan happy blogging gan.

    BalasHapus
  6. mbah dinan, terus terang dalam menulis artikel saya juga butuh referensi, semua penulis perlu itu, jadi intinya..menjiplak ide orang boleh2 saja..asal jangan menjiplak tulisannya, apalagi sampai kita klaim sebagai artikel original kita..thanks mbah dinan atas komentarnya..semoga sukses blognya..

    BalasHapus
  7. sebenarnya setiap bloggers pasti pernah melakukan copy paste di blognya termasuk para master dan saya sendiri. itu wajar toh mass ingat dulu pass masih culun tentang blog dan nulis artikel kita sama sama mengambil jalan pintas yaitu copas artikel orang lain karena kita ngak tahu mau nulis apa dan tentang apa. dan pada waktu itu juga kita belum ngerti tentang seo dan bahaya artikel copas untuk perkembangan website.

    tapi percayalah mas seiring berjalannya waktu para blogers copas itu akan menyadari dengan sendirinya bahwa copy paste itu tidak baik dan mereka akan belajar sedikit demi sedikit untuk menulis karya mereka sendiri dan tidak lagi copas di blog orang lain. seperti saya.

    kalau kita masih menemukan blogers copy paste makmlumi saha lah mas mereka hanya dalam tahap belajar untuk memulai dan menulis artikel yang lebih baik di blog mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. analasinya bagus mas,..ya moga aja para blogger bisa sampai ke tahap menulis sendiri, ngga lagi pakai ajian copas..
      thanks ya mas udh berbagi opini,.. salam blogger

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah saya kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam